Ad Code

Responsive Advertisement

Luka Bekas Operasi Caesar Keluar Nanah

Seminggu pasca operasi Caesar, saya kontrol ke rumah sakit dan Dokter bilang jahitannya sudah bagus tidak perlu kontrol lagi. Dokter juga tidak memberi saya resep obat tapi hanya memberi saya salep untuk dioleskan ke luka setelah mandi, pagi dan sore hari.

Tapi setelah 40 hari pasca melahirkan, luka operasi saya muncul gelembung berisi air (mirip kulit yang baru kena barang panas). Saya sempat khawatir, takut terjadi infeksi di luka saya. Makanya saya berniat kontrol lagi ke rumah sakit. Tapi malamnya luka tersebut mendadak kempes dan di baju saya ada bercak berwarna kekuningan dan baunya mirip nanah. Saya makin khawatir, sampai-sampai saya tidak berani mandi.



Paginya, saya diantar suami pergi ke rumah sakit. Setelah bertemu dokter, saya menceritakan keluhan saya. Kemudian saya disuruh berbaring dan perawat memeriksa luka saya. "Wah keluar nanah bu....", kata perawatnya. Saya sempat kaget dan tambah khawatir aja mendengar luka saya ada lubang kecil dan keluar nanah plus darah. Tapi kata perawat, itu sudah biasa. "Ada benang yang tidak bisa terserap oleh tubuh, jadi dia berusaha mengeluarkannya", kata perawatnya.

Setelah perawat membersihkan luka saya, suami dipanggil masuk. Kemudian suami diajari cara merawat luka saya. Pagi sore, luka saya harus dibersihkan sampai nanahnya tidak keluar. Kemudian lubang kecilnya dikasih gula pasir, terus dikasih salep lalu di tutup dengan kain kasa. "Harus dibersihkan pagi sore lho pak, kalau ndak dibersihkan nanti ibunya bisa meriang", pesan perawat kepada suami. Saya juga dikasih resep 3 jenis obat, salah satunya anti biotik dan harus dihabiskan.

Awalnya luka saya terasa sakit kalau suami membersihkannya. Tapi lama-lama sakitnya berkurang dan nanahnya juga semakin sedikit, tapi suami tetap rajin membersihkannya. Dan 4 hari kemudian, saya kontrol lagi. "Lubangnya sudah nutup bu?" tanya perawat. "Belum, tapi nanahnya masih sedikit", jawab saya.

Setelah luka saya diperiksa dan dibersihkan, perawat memutuskan untuk mengganti salepnya. Mungkin salep yang diberikan sebelumnya tidak cocok jadi luka saya masih berlubang. "Sudah membaik kok bu, obatnya yang dulu dihabiskan ya, lukanya tetap dibersihkan pagi sore", kata perawatnya.

Setelah ganti salep, 2 hari kemudian lukanya mulai mengering dan tidak keluar nanah lagi. Kebetulan, saya cerita ama adek ipar tentang luka saya. Kemudian, adik ipar membelikan obat herbal ramuan dari china dan mengirimkannya ke Madiun. Obatnya berisi 6 kapsul untuk 2 hari tapi harganya 600ribu lebih.

Baru minum 1 kapsul lubangnya sudah menutup. Entah kapsulnya yang mujarab atau memang sudah waktunya sembuh. Yang jelas saya bersyukur sudah dikasih sakit. Karena suami makin perhatian kepada saya dan rela bangun lebih pagi untuk membersihkan luka saya sebelum berangkat kerja. Selain suami, juga ada adik ipar yang bela-belain pulang kerja ga langsung istirahat gara-gara harus beli obat herbal tersebut. Ya....Selalu ada hikmah dibalik masalah.....

Note : setelah baca postingan bundanya Samara saya jadi tahu kenapa luka saya harus dikasih gula. :)

Post a Comment

45 Comments

  1. memang sudah seharusnya peran suami slalu diharapkan, sama seperti saya harus bantu istri pasang korset pasca melahirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai suami memang harus SIAGA ya.... Siap Antar Jaga hehe

      Delete
    2. Maaf mbak, saya juga mengalami hal yang sama tiap minggu saya kontrol terus sama dokter kandungannya tapi sampai sekarang masih keluar nanahnya, dulu cuma satu titik sekarang sudah 2 titik malahan sekarang saya sudah 5 blan g sembuh2.. saya juga sudah jahit ulang 2x tapi hasilx sama sekali tidak seperti yang saya harapankan, sudah bermacam2 obat yang bahkan lebih mahal harganya, tapi tetap masih seperti ini.. air ikan haruan pun dari malaysia tidak mampang untukbkesembuhan luka saya..

      Delete
    3. Maaf mbak, saya juga mengalami hal yang sama tiap minggu saya kontrol terus sama dokter kandungannya tapi sampai sekarang masih keluar nanahnya, dulu cuma satu titik sekarang sudah 2 titik malahan sekarang saya sudah 5 blan g sembuh2.. saya juga sudah jahit ulang 2x tapi hasilx sama sekali tidak seperti yang saya harapankan, sudah bermacam2 obat yang bahkan lebih mahal harganya, tapi tetap masih seperti ini.. air ikan haruan pun dari malaysia tidak mampang untukbkesembuhan luka saya..

      Delete
  2. Pake obat China yg namanya kapsul Yunnan Baiyao aja, Mbak Tarry. Kapsulnya sehari minum satu, terus satu lagi dibuka kapsulnya dan bubuknya dituangkan ke lukanya, dijamin sembuhnya cepet banget dan ga berbekas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah terlanjur beli merk lain ini, soale yang beliin adek di Jakarta. Kalao di Madiun kayaknya belum banyak dikenal :)

      Delete
    2. salah bukan yunnan baiyao... tapi pien tze huang... krn yunnan yg asli paling mahal 75rb... kl pien tze huang sekarang sdh harga paling mahal Rp800rb

      Delete
  3. Katanya pake benahong bagus juga buat yg abis operasi.

    Btw aku baca sambil ngiluu. Sakit banget ga sih mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang bilang benahong bagus.... tapi saya tidak tertarik untuk membelinya karena mahal hikz.

      Kalau sakitnya ga terlalu sich bu.... cuma pas dibersihin aja sakitnya.agak lumayan

      Delete
  4. hoo mbak Tarry caesar to...
    jd pengen tahu juga kenapa dikasih gula....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.... karena dedeknya melintang jadi harus di caesar. Langsung cek TKP biar tahu khasiat gula pasir :)

      Delete
  5. Mbak Tarry, saya waktu abis operasi, saya pulang ke rumah (setelah 2 hari di rs, saya pulang, luka saya sudah kering, bahkan ketika kontrol jahitan 3 hari kemudian, luka saya benar benar sudah kering, saya minum obat cina mbak, saya kurang tau apa namanya, tapi kalo ke sinshe, bilangnya luka abis operasi, bentuknya bubuk, diseduh pake sedikit air hangat, diminum sehari 3 kali, saya minum 2 hari jadi total 6 bungkus, baunyaa huaaaahuuuuggg baaau sekali mbak, tapi karena mamih saya udah wanti wanti harus minum itu, jadi ya saya minum juga, bener loh mbak, seminggu abis operasi, saya udah lancar jaya jalan jalan, ga ada perasaan takut atau apa, padahal byk yg takut bekas operasi sesar saya bakalan busuk, wong saya genduddd... tapi karena minum obat cina itu, malah kering dan cepet sembuh, namanya saya lupa tapi harganya sekitar 450-500 ribu untuk 6 x minum.

    saya baru tau sih mbak tarry sesar, kalo waktu itu saya tau, udah pasti saya kasih tau tentang obt cina ini mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya saya juga tenang2 ndak cari obat lain karena bekas lukanya sudah kering. Eh ga taunya muncul nanah. Obat yang saya minum kemarin udah dalam bentuk kapsul jadi minumnya gampang :)

      Delete
  6. Penyebab luka operasi bernanah umumnya ialah karena kekurangan albumin dalam badan dan higiene luka yang kurang baik. Jarang infeksi muncul pada luka bekas operasi Caesar, kecuali jika lokasi operasi memang merupakan daerah endemik untuk infeksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu istilah medisnya ya mbak??
      Terimakasih untuk infonya :)

      Delete
  7. alhamdulillah mbak tidak terjadi apa2,

    ReplyDelete
  8. Iya, alhamdulillah sekarang sudah pulih kembali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba tarry... ak jg kmrn bernanah dikit kyk ada lubang agak melebar,ak jg panik trs mau kontrol repot ga ada yg anter suami sibuk.trs ak tanya adek yg perawat ckp dikasih betadin n ditutup kasa.alhamdulillah skrg dah nutup n kering.tp masalahku skrg knpa ya perut bagian dalam rasanya sakit apalagi kl disentuh n abis duduk trs berdiri berasa sakit.mba tarry ngrasain sakit perutnya sampai brp mggu?ak ini sc yg ke 2,dl yg 1 ak sc n minum obat cina itu kayaknya sakitnya ga lama gini.kl mba tarry bagaimana?

      Delete
    2. Mbk kamila oke apa perutnya masih sakit ? Saya juga mengalami itu sekarang ? Dulu di kasih apa mbk ? Tlg share.. Perut saya sakit sampe keluar darah dri vagina..

      Delete
  9. hadeehh mrinding aku bacanya. jadi dikasih gula biar apa mbak? ceritain dong.. ilmu nih buat aku, biar jadi suami siaga, hehe
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya bisa menyerap cairan sehingga lukanyacepat kering. luka apa aja bisa lho, bukan hanya operasi :)

      Delete
  10. untung gak kenapa2 ya mba,untung juga ada suami dan adik ipar yaa mba yg bantuin ^__^
    waktu itu saya lahirannya normal karna posisi bayinya kepalany sdh dibawah, kalau masih diatas mungkin harus di cesar jg takut >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah ada keluarga yg selalu perhatian. :)
      Kalau posisi bener, kemungkinan besar memang lahir normal, lha aq kebetulan bayinya melintang hehe

      Delete
  11. Selalu ada hikmah dibalik masalah...saya sepakat dengan yang ini ...semoga cepat sehat kembali seperti sediakala...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, alhamdulillahsekarang sudah lebih baik meskipun belum pulih benar :)

      Delete
    2. mba obat chinanya apaan namanya?

      Delete
  12. Mbak, lihat pengumuman pemenang GA di blog saya ya.

    ReplyDelete
  13. baru tau kenapa luka dikasih gula malah dari blog ini hehehe

    ReplyDelete
  14. mbak apa nama obat cinanya?

    ReplyDelete
  15. Obat Cinanya namanya Pien Tze Huang bukan mba?

    ReplyDelete
  16. alhamdullillah sekarang sudah tdk apa2 kan ya mbak setelah seian lama ini...? mudaha2an sehat sll ya mba

    ReplyDelete
  17. Mb, istri saya mengalami hal yg sama. 2-3cm jhtanya gak jd, keluar nanahnx. Selain it muncul bercak2 bentol2 berair ktnya alergi plester. Please share pngalamanx apa kmren muncul gatal2 jg n obat cinax apa namax? Trimksh

    ReplyDelete
  18. Haii mbak tarry..meskipun ini postingan lama, tapi aku baca ini mbak gegara aku jg mengalami seperti mbak..
    Aku lahiran sesar, nahh sminggu sesudah lahiran ada lubang yg keluar nanah jg..sama dokternya udah dikeluarin semua nanahnya, trus dikasih nebacetin juga sofratule lalu ditutup kasa..
    Ini udah 2 minggu aku rawat sendiri, tapi lubangnya ga kunjung nutup..kalo boleh tau, obat cina nya itu apa ya mbak namanya?
    Trus aman ya kalo dikasih gula lukanya?

    Matur nuwun :)

    ReplyDelete
  19. Mbak tarry terimakasih infonya. Kebetulan aq jg sudah 3 minggu operasi secar. Jahitan nya jg bernanah banyak tmn yg rekomendasi suruh minum obat cina. Tp ada yg bilang kalau minum obat cina bisa bikin ASI kering. Apakah benar mba?

    ReplyDelete
  20. Klw istri saya harus dioprasi 2 kali karena sudah abses :( nanahnya banyak yg keluar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Operasi 2x...? Stlah operasi ke2 bagaimana proses penyembuhanx?

      Delete
  21. buat ibu2 yg keluar nanah, nanahny banyal ap dikit ya,? sdh 43 hr sy operasi sesar..tadinya sdh kering pas kontrol namun tiba" keluar nanahny n kata dokterny ada benang yg tdk bisa diyerima tubuh n kt perawatanny sy gendut jd bekas lukany ketutup perut jadinya lembap..disarankan untuk dikasih betadin sesering mungkin tp smp skr blm nutup jg.. bagian dlm perut kg msh nyeri..adakah saran

    ReplyDelete
  22. Selama perawatan luka yang terbuka itu, boleh mandi mb?

    ReplyDelete
  23. Maaf ni jd nimbrung..sya 15 feb kmren sc ank ke 2 jg..kmren" gpp jahitan sya..tp bru 3 hari ini jahitan sya berlubang dan agak bernanah sdkit sya dan suami jd takut..saya abiz lahirn udh minum obat cina tp hasil'a..yg pertama gk knp..saya mau tau tnya apa ini hal biasa stlh cs krn yg pertama sya tidak mengalami..trimakasih bunda"

    ReplyDelete
  24. Maaf yaa mba tary...klo boleh tau itu luka nya dikasih gula pasir & salep apa yaa?? Soalnya adik saya juga 3minggu yg lalu habis operasi cesar & skrg lukanya kluar nanah. Mohon infonya yaa. Mksh

    ReplyDelete
  25. Maaf ibu2 ikut nimbrung ya... Kebetulan saya mengalami kejadian serupa, tgl 20 sept lalu saya lahiran anak ke-2 melalui proses SC. Anak pertama jg Sc tpi yg kdua ini setelah 10 hari saya kontrol k dokter ternyata keluar nanah muncrat sampe ke baju dan celana, saya teriak2 di toilet karna kaget.. Akhirnya saya dibawa ke UGD trus luka saya dibersihin pake cairan Nacl... Nanahnya bau banget ibu2 saya aja sampe tutup hidung,kemudian suami saya diajarin gimana caranya bersihin luka, krna lukanya hrus dibersihkan 2xsehari... Ini hari pertama saya bersihin luka... Mudah2an luka saya dan ibu2 yg mengalami seperti saya cepat sembuh ya.. Amin... Semangat selalu ibu2..jangan lupa berdoa

    ReplyDelete
  26. Mbak waktu minum obt cina itu lgi asi ga,kalo lagi asi ,asi nya tetap lncar ga mbak ,soalnya saya kasusnya sama dengan mbak tarry,saya sudh 3 bulN pasc sc tp ttp blom kering dan brnanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah 3 bulan belum kering?
      Sudah makan putih telur banyak2?. SC ke 2 kemarin beda RS disarankan mkan putih telur 8-10/hari. Alhamdulillah sampai hari ini hampir 3 bulan ndak ada masalah.

      Kayaknya dulu ga pengaruh sama Asi Mbak, anaknya ga rewel sih. Kalau Asi ga lancar pastinya anak rewel.

      Delete
  27. Mbak mbak ikut nimbrung ya udh 2 bulanan ini luka jaitanku juga kluar nanah gitu dr 1 - 4 trus skrg tinggal 1 tp bandel nya minta ampun masih aja blum nutup2 lubangnya :-( dipikiranku udah macem2 . Ya allah
    Suami sama ibuku sampe emosi gemeeees sama lukanya. .
    Apa emg gitu semua y ? Pake obat cina apa y klo boleh tau

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Ad Code

Responsive Advertisement