Ad Code

Responsive Advertisement

Langkah2 Jadi TKW Hong Kong

Posting kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang langkah-langkah menjadi TKW Hong Kong. Karena ada seseorang yang add facebook saya dan menyelipkan pesan yang isinya kenal saya dari blog dan berminat kerja ke Hong Kong, lalu minta penjelasan tentang langkah-langkahnya. Tapi, perlu digaris bawahi dulu, bahwa saya tidak bermaksud mbujuki, ngompori, atau mendorong anda untuk jadi TKW Hong Kong lho yach. Hehe


Berdasarkan pengalaman dan juga yang saya tahu, inilah beberapa langkah yang harus dilakukan agar lulus jadi TKW dan bisa berangkat ke  Hong Kong:

1. Siapkan Mental
Hal ini sangat penting, karena anda akan hidup di negara orang yang mungkin belum pernah anda kunjungi. Negara yang memiliki bahasa serta budaya yang berbeda dengan kita. Jadi, harus punya mental baja kalau ingin tetap bertahan dan pulang membawa kesuksesan. Bagi anda yang punya mental tempe alias masih takut-takut mending dirumah saja ga usah pergi ke luar negeri. hehe

2. Tentukan Tujuan
Sebelum anda memutuskan untuk pergi ke Hong Kong, sebaiknya tentukan tujuan anda dulu. Agar anda punya motivasi dalam meraih asa. Dari ratusan teman saya di PT dulu, tujuan mereka bermacam-macam. Ada yang ingin cari modal, ingin memperbaiki ekonomi keluarga, biaya sekolah anaknya, untuk pelarian dari masalah dan masih banyak lagi. Tapi yang membuat saya mlongo, ada satu teman yang bergelar Sarjana ekonomi dari sulawesi, rela datang ke Surabaya untuk jadi TKW. Alasannya, cari modal untuk daftar pegawai negeri. Begitu mahalkah harga sebuah status Pegawai Negeri sampai-sampai modalnya harus cari ke luar negeri? *eh kok jadi nglantur* xixixi

3. Cari Penyalur Jasa Tenaga Kerja  Indonesia (PJTKI)
Kalau sudah siap mental, menentukan tujuan dan menyiapkan uang saku, mulailah cari PJTKI yang resmi.  Hati-hati dengan penipuan, jangan tergiur dengan kata-kata manis para calo. Kalau bisa, datang sendiri ke kantornya tanpa melalui calo. Kalau saya dulu, yang datang sendiri ke kantor dibebaskan dari biaya ujian dan beberapa biaya lain. Lumayan khan bisa ngirit meskipun sedikit hehe.

Setelah anda dinyatakan lulus dalam tahap pertama yang berupa medical, andapun resmi jadi calon TKW. Dan yang perlu diperhatikan dalam penantian adalah Sabar. Hanya sekedar info saja yach, TKW itu tak jauh beda dengan barang dagangan. Barangnya bagus ya cepat laku, kalau barangnya jelek ya nanti dulu. Kalaupun laku, harganya kadang lebih murah. Begitu juga dengan calon TKW. Mereka yang sudah punya pengalaman kerja di luar negeri, bisa bahasa Cantonese, Inggris atau mandarin lebih besar kesempatannya untuk cepat dapat majikan. Sedangkan yang nol puthul ga bisa apa-apa nasibnya dipertanyakan. Dan sebagai jalan keluarnya, hanya nrimo ketika pihak PJTKI menawarkan gaji underpay (separo dari yang seharusnya).
Tapi ga semua PJTKI seperti itu sich, banyak juga yang belum punya pengalaman kerja juga dapat gaji full tapi rawan interminit (PHK). Pemerintah Hong Kong menindak tegas majikan dan agen yang berani memberikan underpay. Hal ini membuat majikan takut dan mikir puluhan kali untuk ambil TKW underpay. Dan kalau dipikir-pikir gajinya sama, tapi yang satu pinter yang satu ga bisa apa-apa. Kalau anda sebagai majikannya pilih mana hayo.....

Bagi anda yang belum pernah kerja kemana-mana, sebaiknya cari pengalaman dulu ke singapore. Selain prosesnya lebih mudah, anda juga bisa cas cis cus ngomong bahasa inggris. Setelah kerja 2 tahun, anda bisa langsung proses ke Hong Kong tanpa pulang Indonesia. Selain lebih mudah dapat majikan, potongan gajinya juga lebih ringan. Ini kalau menurut saya yach.... Soalnya saya dulu datang ke Hong Kong sama sekali ndak bisa apa-apa. Dan itu sangat tidak menyenangkan saudara-saudara hehe.

Oh iya, selama proses di PT, turunkan ego anda. Apapun latar belakang anda, yang jelas anda adalah calon pembantu rumah tangga. Saat di perintah-perintah sama staff, Saya sering mendengar teman saya bilang "aku lho di rumah ga pernah di bentak-bentak, ga pernah nyapu ga pernah ngepel ga pernah kerja. Lha disini kok di perintah ini itu". Kalau ga mau diperintah ya tidur saja dirumah hehe. 

Apa yang kita alami di PT itu juga sebagai latihan kalau kita benar-benar bekerja di rumah majikan. Jadi jalani dengan sabar. Pasti semua bermanfaat untuk kita nantinya. Bagaimana??? Ada yang berminat jadi TKW Hong Kong untuk mendapat HK$3740/bulan????. Insyaallah saya bisa bantu tanpa minta komisi kepada anda. Karena ada agen Hong Kong yang punya PT di Indonesia dan kebetulan staffnya teman saya. Semoga bermanfaat.
Jadi TKW, kenapa tidak??? Yang penting tidak merugikan orang lain. Malah bisa membantu memperbaiki ekonomi keluarga dan bangsa. Sukses untuk para TKW dimanapun berada.

Post a Comment

35 Comments

  1. daftar gak ya, daftar gak ya :-D
    thanks infonya mbak semoga bermanfaat buat yang berminat ke hongkong

    ReplyDelete
  2. kayaknya menarik,,di Hongkong bicaranya pake bahasa apa mbak??kalo laki2 bisa ga ??

    ReplyDelete
  3. aku mau melamar jadi apa ya? bingung sendiri..:)

    ReplyDelete
  4. Mbak lidya & mbak hilsya@ jadi ibu ngrangkep pembantu rmh tangga aja yak xixi

    Arev@ sementara blm ada kecuali ada permintaan dr pihak hk. Bhs utama cantonese tp jg pake inggris n mandarin hehe

    ReplyDelete
  5. belajar ngomong enggres sik ki hehehe
    TKW yg sukses, byk yg lebih sukses daripada pegawai negeri

    ReplyDelete
  6. Info yg menarik u/ yg berminat he8..

    ReplyDelete
  7. asyik nii...
    mbak tarry bagi-bagi tipsnya....
    sukses buat mbak tarry...
    :)

    ReplyDelete
  8. Ria haya@ hayo bljr dl biar ada nilai plusnya hehe

    Amy@ iya moga bermanfaat hehe

    Zone@ hanya berbagi pengalaman kok :)bermanfaat hehe

    Zone@ hanya berbagi pengalaman kok :)

    ReplyDelete
  9. HK$3740 itu dirupiahin jadi berapa mbak tari ?
    hahaha -__-

    yang penting halal :)
    sukses ya mbak.

    ReplyDelete
  10. aku terdampar di jogja... semua pekerjaan oke-oke aja asal halal dan diniatkan ibadah agar barokah

    ReplyDelete
  11. pengen seh ke hongkong tp... pengen jalan-jalannya aja hehehehe

    ReplyDelete
  12. Gajinya lumayan ya, Mbak. Lebih besar dibanding gaji PNS gol.3. Ditambah pengalaman kerja dan tinggal di luar negri. Pasti seru banget :)

    ReplyDelete
  13. wowow... asik ei... akan pergi ke hongkong..

    ReplyDelete
  14. hayo2 bagi yg berminat harap di baca baik2 postingan ini,,hehe

    ReplyDelete
  15. Uchank@ Berapa rupiah ya??? diitung sendiri aja yach hihihi

    Mbak Nura@ Wa'alaikumslm, iya sapa tau bisa membantu :)

    Mbak Ami@ kalao halal ga nya saya ga bisa menilai yg penting ga merugikan orang lain itu saja buatku hehe

    Aje@ Aq juga pingin nya jln2 tp salah jalan malah jadi TKW xixixi

    ReplyDelete
  16. Mas Baha@ sekali-kali maen kesini mas,khan lbh murah kalo dr malaysia hehe

    Kakaakin@ Yg jelas ya lumayan drpd lumanyun buat lulusan SMP SMA hehe

    Obin@ Hayuuu pergi kesini rame2 hehe

    Al kahfi@ Pria dilarang baca yak, ntar malah jadi Tenaga Kerja Waria xixixii

    Dan Edi@TKP= Tempat Kejadian Perkara aja ya hihihi. Untuk pria sementara blm ada ya hikz

    ReplyDelete
  17. Makin sucses ya Mbak Tarry...
    Dengan berbagi ilmu Insya Allah makin berkah ya ;)

    ReplyDelete
  18. begitu caranya ya...
    aku juga mau daptar jadi tkw deh...

    ReplyDelete
  19. ini bener2 info yg manfaat bgt mbak..tetanggaku kebanyakan jadi TKW tapi ke Malaysia dan Brunei..dengan info ini, aku jadi tau seluk beluk proses TKW..:)

    ReplyDelete
  20. Mbak Yunda@ Trimakasih mbak, hanya berbagi pengalaman aja hehe

    Mas Rawin@ haha, ntar dikira Wa**a lho

    Mbak Ketty@ Hong Kong lebih besar gajinya mbak, tp agak susah berangkatnya hehe

    ReplyDelete
  21. saudara saya juga jadi TKI mbak di arab sana

    memberikan sumbangan buat negara dan tidak disadari oleh pemerintah
    lho kok....

    salam dan sukses selalu dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  22. Wah info yang bagus nih.
    Sukses selalu mbak. Moga makin berkah dengan berbagi ilmu dengan sesama. Saya juga mau donk add facebook-nya biar bisa tanya-tanya hehehe

    ReplyDelete
  23. Not to bed@ iya, penyumbang devisa memang sering terlupakan hehe. Mg diberi kesehatan dan keselamatan buat saudaranya :)

    Mas jier@ amiin, smg bermanfaat. Lha aq malah ga pernah facebookan lho hehen hehe. Mg diberi kesehatan dan keselamatan bua

    ReplyDelete
  24. jangan lupa sudah punya skill, jadi disana paham apa saja yg harus dilakukan

    ReplyDelete
  25. saya pergi di alam mimpi aja dah..... hehe

    ReplyDelete
  26. Mudah2an informasinya bermanfaat bagi yg membutuhkan ya Tarry..

    Ya, sukses selalu utk TKI dan TKW dimanapun berada.. :-)

    ReplyDelete
  27. Nuraini@ Iya, semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan :)

    R10@ itu yg nmer 1 biar ga jadi korban interminit hehe

    Obin@ mimpi dulu jg gpp xixix

    Mbak Lyliana@ amiiin. Smoga bisa membantu yg membutuhkan hehe

    ReplyDelete
  28. Mbak tarry yang baik bisa bantu saya
    istri saya pengen ikut jd tkw gimana ya?

    ReplyDelete
  29. Mbak tarry yang baik bisa bantu saya istri saya pengen daftar gimans caranya bisa bantu?

    ReplyDelete
  30. 1 dolar hongkong berapa rupiah ya mbak? hehehe~ jadi penasaran nih :))

    ReplyDelete
  31. mupeng juga ke hongkong..nunggu ada yg mau ngasih tiket gratis deh kayakna..hehee

    ReplyDelete
  32. salam kanal m'bak tarry.

    ReplyDelete
  33. Kirain nyampe 10 juta, cuma segitu seh di kerja di indonesia juga bisa

    ReplyDelete
  34. Wah menarik sekali mba. Saya sangat beruntung bisa kenal dengan mba , oh ya apa masih di Hongkong. Saya dari media Koran-Group Jawa Pos News Network. Saya di Pontianak Post. Kalaw ada wawancara atau interview boleh ya dihubungi. Salam kenal dari Pontianak. (Asep Haryono. Pontianak Post Daily Newspaper-JPNN)

    ReplyDelete
  35. mencari rejeki halal dimana saja

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Ad Code

Responsive Advertisement